Ini Perbedaan Antara Blender Dan Food Processor

Perbedaan blender dan food processor

Perbedaan utama blender dan food processor yaitu blender digunakan untuk memproses materi kuliner yang lunak atau mengandung banyak cairan. Sementara food processor digunakan untuk memproses materi kuliner yang lebih padat. Biasanya food processor mempunyai fitur dan fungsi yang lebih banyak dari pada blender.

 yaitu blender digunakan untuk memproses materi kuliner yang lunak atau mengandung banyak  Ini Perbedaan Antara Blender dan Food Processor

Baik blender maupun food processor merupakan perkakas dapur yang sering digunakan untuk memudahkan pengolahan materi makanan. Tapi secara umum blender lebih sesuai digunakan untuk materi kuliner yang mengandung banyak cairan dan lunak. Karena itu blender sering disebut sebagai liquidizer atau liquefier. 

Berikut perbedaan blender dan food processor :

Blender

Blender cocok digunakan untuk mengolah materi kuliner yang lunak dan mengandung banyak cairan atau lebih liquid. Alat ini terdiri dari wadah berbentuk ramping dengan pisau pada bab bawah yang dapat berputar dengan santunan tenaga listrik. Bentuk wadah dan penempatan pisau akan membentuk pusaran manakala blender digunakan.

Blender standar biasanya mempunyai wadah dan pisau tetap, namun blender yang lebih modern sering dilengkapi dengan perangkat lain ataupun pisau perhiasan yang dapat dibongkar pasang.

Fungsi blender yang paling umum mencakup :

1.    Mencampur dan menghancurkan es dalam koktail.
2.    Menghancurkan es dan materi kuliner lain dalam minuman non-alkohol.
3.    Membuat smoothie
4.    Mengolah kuliner yang encer menyerupai sup, pasta, saus dan menghaluskan sayuran dan daging.
5.    Membantu melarutkan materi padat menjadi cairan / lebih encer.

Food processor

Istilah food processor sering merujuk pada perkakas dapur elektronik yang multi fungsi. Meskipun istilah tersebut dapat juga merujuk pada perkakas manual yang dioperasikan dengan tangan, tapi dalam konteks modern, istilah food processor lebih sering ditujukan pada perkakas dapur yang elektronik.

Food processor biasanya mempunyai wadah yang bentuknya pendek tapi lebar. Bentuk ini dianggap lebih sesuai untuk mengolah kuliner padat atau semi padat. Selain itu juga mempunyai beberapa pisau yang dapat di bongkar pasang sesuai fungsinya. Pisau pada food processor biasanya lebih tajam dari pisau blender.

Fungsi food processor yang paling umum contohnya :

1.    Merajang dan mengiris sayuran
2.    Menumbuk kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, daging dan buah kering.
3.    Memotong-motong keju atau sayuran,
4.    Pureeing.
5.    Untuk pencampuran dan menguleni adonan.

Cara kerja food processor dalam mengolah materi kuliner tidak memerlukan santunan air atau cairan. Ini berbeda dengan cara kerja blender yang memerlukan santunan air atau cairan untuk “menggerakkan atau mengaduk” materi kuliner di sekitar pisau blender.

 yaitu blender digunakan untuk memproses materi kuliner yang lunak atau mengandung banyak  Ini Perbedaan Antara Blender dan Food Processor

Bagaimana cara memutuskan memakai blender atau food processor ?

Setiap orang mempunyai kebutuhan pengolahan kuliner berbeda-beda. Dan tidak sedikit diantara kita yang galau untuk memutuskan apakah akan memakai blender ataukah food processor. Diantara keduanya, bagaimana cara kita menentukan mana yang lebih cocok untuk digunakan ? Nah, berikut yaitu jawabannya :

1.    Pahami dengan baik perbedaan blender dan food processor. Walaupun dalam praktek fungsi keduanya dapat tumpang tindih (overlap), tapi blender lebih sesuai untuk mengolah kuliner encer sementara food processor untuk yang lebih padat.

2.    Pertimbangkan jumlah kuliner yang akan diolah. Food processor lebih sesuai untuk mengolah kuliner dalam jumlah besar. Sedangkan blender untuk jumlah materi kuliner yang lebih kecil atau sedikit.

3.    Pertimbangkan harga dan fungsi. Harga blender biasanya lebih murah sedangkan harga food processor biasanya lebih mahal. Namun demikian fungsi dan fitur blender lebih sedikit sedangkan fungsi dan fitur food processor lebih banyak.

4.    Pertimbangkan siapa diri Anda. Maksudnya kalau Anda tipe orang yang serius ingin menggeluti dunia masak-memasak dan suka bereksperimen dengan resep-resep makanan, menjadi seorang koki misalnya, maka food processor layak Anda miliki. Sebaliknya kalau Anda “sekedar” ibu rumah tangga yang berniat menyiapkan kuliner sehat untuk bayi di rumah, maka blender lebih sesuai. (Baca goresan pena sebelumnya perihal : Blender tangan yang bagus).

Itulah perbedaan blender dan food processor, serta bagaimana cara menentukan yang lebih cocok diantara keduanya.