Ini Panduan Menentukan Dan Membeli Blender Tangan Yang Bagus

Blender tangan (hand blender) sering disebut pula dengan blender tongkat (stick blender) atau blender celup (immersion blender). Alat ini awal mulanya dibentuk untuk memudahkan para koki restoran dalam mencampur dan menghaluskan sup, saus, atau kuah berdaging tanpa harus mengeluarkannya dari panci.

Bentuk hand blender menyerupai tongkat (stick) dengan tombol kontrol pada satu ujung dan pisau menyerupai aksara S atau bintang yang terkurung, yang bisa berputar layaknya baling-baling helikopter pada ujung lainnya. Untuk mudahnya, lihat gambar dibawah.

 Alat ini awal mulanya dibentuk untuk memudahkan para koki restoran dalam mencampur dan meng Ini Panduan Memilih dan Membeli Blender Tangan Yang Bagus

Memilih dan membeli blender tangan yang bagus

Jika Anda berniat menentukan atau membeli blender tangan yang bagus, berikut ini yaitu panduan singkat yang perlu diketahui :

#1. Tombol gampang dioperasikan

Blender tangan harus mempunyai tombol kontrol yang dioperasikan, gampang untuk didorong dan tahan (push and hold). Lebih baik lagi jikalau dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mengharuskan tombol ditekan kebawah ketika digunakan. Untuk alasan ini hand blender dengan tombol yang cukup besar dan ergonomis lebih direkomendasikan.

#2. Praktis dibersihkan

Hand blender yang bagus harus gampang dibersihkan. Pisaunya gampang untuk dibongkar pasang serta tidak akan menciptakan masakan gampang melekat ataupun terjebak disela-sela pisau. Demikian pula asesorisnya harus kondusif untuk mesin pencuci piring (dishwasher safe).

 Alat ini awal mulanya dibentuk untuk memudahkan para koki restoran dalam mencampur dan meng Ini Panduan Memilih dan Membeli Blender Tangan Yang Bagus


#3. Bobotnya ringan

Berapa bobot blender tangan yang ideal ? Para andal menyatakan bahwa 3 pon atau kurang yaitu bobot hand blender yang ideal. Jika lebih berat dari itu maka ketika pengoperasian tangan akan cepat pegal. Perlu diketahui, alat dapur ini dirancang untuk pemakaian singkat (walaupun mungkin frekuensinya sering). Blender tongkat ini bukanlah peralatan yang dimaksudkan untuk digunakan terus-menerus selama berjam-jam.

#4. Wadah untuk pencampuran

Dalam paket pembelian hand blender biasanya sudah termasuk wadah untuk pencampuran. Wadah tersebut biasanya berdiameter tidak terlalu lebar, dan dirancang khusus semoga bahan-bahan tetap berada di akrab mata pisau sehingga gampang diblender.

#5. Tempat penyimpanan

Hand blender yang sederhana, yang hanya terdiri dari sebuah stick blender dan wadah pencampuran, bekerjsama tidak memerlukan kawasan penyimpanan khusus. Tetapi jikalau dalam paket pembelian sudah termasuk kawasan penyimpanannya, maka itu yaitu opsi yang lebih baik.

#6. Garansi

Blender tangan yang anggun setidaknya berani memperlihatkan garansi minimal satu tahun.

Mencari hand blender yang anggun dan sesuai kebutuhan

Sebelum tetapkan untuk menentukan atau membeli hand blender, ada beberapa hal yang perlu diperjelas lebih dulu.

(Bahan) masakan menyerupai apa yang ingin Anda blender ? Kebanyakan hand blender bekerja efektif untuk masakan lunak menyerupai milkshake, kacang buncis dan buah segar. Sebaliknya jangan mengandalkan blender tangan untuk menghancurkan masakan beku, untuk keperluan ini gunakan blender meja.

Bagaimana dengan fleksibilitas ? Ada beberapa blender tangan yang lebih fleksibel dari blender tangan lainnya. Blender yang fleksibel ini biasanya dilengkapi dengan mangkuk mini-chopper, sebuah kocokan atau alat campur lain yang bisa di gonta-ganti atau ditukar-tuker. Dengan demikian hand blender tersebut menjadi alat yang multi guna yang bisa digunakan untuk memotong-motong sayuran atau kacang-kacangan.

Seberapa sering Anda akan menggunakannya ? Jika Anda hanya berencana menggunakan alat blender ini sesekali saja untuk buah segar atau satu panci sup, maka model hand blender yang murah dan sederhana sudah cukup memadai. Tapi jikalau Anda berencana menggunakannya setiap hari maka carilah model hand blender yang tahan usang dan lebih kuat.

Blender tangan tanpa kabel atau pakai kabel ? Dari segi kenyamanan blender tangan nirkabel lebih unggul, tapi kelemahannya baterai cepat terkuras sehingga lebih boros anggaran dalam jangka panjang. Blender wireless biasanya hanya direkomendasikan untuk penggunaan outdoor, alasannya yaitu jalan masuk yang sulit menuju stop kontak listrik.

Sebaliknya hand blender dengan kabel listrik performanya lebih anggun dan lebih irit dalam jangka panjang. Kekurangan blender tangan yang menggunakan kabel yaitu kurang praktis.

Berapa panjang stick blender yang ideal ? Panjang stick blender yang ideal yaitu stick tersebut harus bisa menjangkau bab dasar dari wadah pencampuran.

Macam-macam hand blender

Hand blender sederhana. Sesuai namanya blender ini hanya terdiri dari tongkat blender dan wadah saja. Stick blender sederhana ini dimaksudkan untuk menangani tugas-tugas kecil di dapur menyerupai mencampur dan menghaluskan sup dan saus dalam jumlah terbatas. Meski demikian, blender sederhana ini akan banyak membantu tugas-tugas Anda di dapur.

Hand blender multi guna. Blender ini dilengkapi dengan banyak sekali peralatan dan aksesoris yang membuatnya bukan hanya bisa mencampur dan menghaluskan, melainkan juga untuk memotong-motong sayuran menjadi potongan-potongan kecil.

Selain itu juga terdapat stick blender nirkabel dan yang pakai kabel menyerupai sudah disinggung di muka.

Cara menggunakan blender tangan dengan benar dan aman

Blender tangan sangat kondusif jikalau digunakan secara benar. Kecelakaan yang diakibatkan oleh penggunaan hand blender intinya sangat jarang terjadi. Namun penggunaan yang tidak sempurna menyerupai untuk mencampur adonan kue atau materi masakan yang susah dihancurkan bisa memperpendek umur peralatan. Perlu digaris bawahi bahwa blender tangan tidak dimaksudkan untuk menangani kiprah pencampuran yang berat.

Untuk keamanan ketika membersihkan materi masakan yang terjebak di sela-sela pisau, pastikan untuk mencabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu. Serta gunakan alat bantu menyerupai spatula karet dan jangan pribadi menggunakan jari tangan.

Happy blending !