Ini Cara Membersihkan Panci Presto Listrik

Berapa jumlah uang yang Anda bayarkan untuk membeli sebuah panci presto listrik (electric pressure cooker) ? Jawabannya sanggup berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Tapi berapapun itu, Anda tentu ingin uang yang Anda belanjakan bermanfaat dalam jangka panjang. serta ingin supaya panci presto baru tersebut kekal dan tahan lama.

Berapa jumlah uang yang Anda bayarkan untuk membeli sebuah  Ini Cara Membersihkan Panci Presto Listrik
Berbeda dengan pressure cooker biasa, maka panci presto listrik memerlukan sedikit perhatian khusus menyangkut cara merawat dan membersihkannya. Karena, kalau Anda abai terhadap perawatan dan kebersihannya maka alat masak presto tersebut akan gampang rusak atau tidak berfungsi. Nah dibawah ini yakni cara merawat dan membersihkan panci presto listrik.

Tapi sebelum membersihkannya, perhatikan beberapa hal penting berikut ini :

1. Jangan sekali-kali memasukkan panci presto elektrik ke dalam mesin pencuci piring.
2. Setelah menggunakan panci presto listrik, eksklusif bersihkan.
3. Jika sudah tersimpan dalam jangka waktu lama, maka bersihkan sebelum digunakan.
4. Jangan memakai pembersih abrasive dalam membersihkan panci presto elektrik.

Step by step membersihkan panci presto listrik

Langkah-langkah membersihkan panci presto listrik yang tertulis disini sifatnya umum. Untuk membersihkan bab tertentu yang spesifik, Anda harus merujuk pada panduan cara merawat dan membersihkan panci presto masing-masing, yang biasanya disertakan dalam brosur pada waktu pembelian.

#1. Sebelum memulai 

- Cabut kabel listrik yang menghubungkan pressure cooker tersebut dari stop kontak. Jika masih panas biarkan dulu hingga dingin.
- Buka tutup dan keluarkan panci masak (cooking pot) dari perangkat utama (main body).

#2. Membersihkan perangkat utama

- Ambil kain bersih, basahi secukupnya kemudian lap bab badan utama. Bagian main body jangan disiram air dan jangan dimasukkan pada mesin pencuci piring. Beberapa panci presto listrik mempunyai unit-unit kecil berupa reservoir untuk menampung kelebihan kondensasi. Bagian ini sanggup dilepaskan dan dicuci dengan air hangat dengan sedikit sabun. Jangan lupa untuk mengeringkannya hingga benar-benar kering sebelum memasangnya kembali.

#3. Bagian panci masak (cooking pot)

- Biasanya bab panci masak ini sanggup dimasukkan pada mesin pencuci piring, untuk pastinya baca buku panduan masing-masing sebagai rujukan. Namun sebetulnya mencuci bab cooking pot dengan tangan juga cukup simple yaitu dengan air sabun dan bilas dengan air bersih.
- Karena bab ini biasanya dilapisi dengan lapisan anti lengket (non stick), maka gunakan spons yang lembut supaya tidak tergores.
- Sebelum dipasang pada perangkat utama, panci masak tersebut harus benar benar kering.

#4. Bagian tutup 

- Gunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan tutup.
- Pada bab tutup biasanya terdapat beberapa tombol fungsi, jadi harus hati-hati.
- Untuk membersihkan karet paking (gasket), lepaskan karet dari tutupnya, basuh dengan air bersih, keringkan, kemudian pasang lagi.
- Jika karet paking retak-retak atau mengeras, ganti dengan karet baru.

#5. Mengeringkan bab per bagian 

- Setiap bab harus dalam keadaan benar-benar kering sebelum dipasangkan kembali. Jika berair atau ada air yang terperangkap, maka lambat laun akan merusak logam.
- Gunakan lap atau kain lembut untuk mempercepat pengeringan.

Jika Anda malas membersihkan panci presto elektrik, maka alat presto tersebut akan gampang rusak, tidak berfungsi atau mengakibatkan timbulnya bacin bau pada makanan. Dalam perkara ekstrim malahan mungkin sanggup merusak makanan.

Nah, bagaimana cara Anda membersihkan panci presto listrik ? Jika Anda mempunyai cara yang berbeda silakan tuliskan di kolom komentar, supaya kami dan pembaca lain mengetahuinya.