Ini Kelebihan Dan Kekurangan Alat Masak Stainless Steel

 ialah perpaduan atau kombinasi beberapa jenis logam ibarat besi dasar Ini Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Stainless Steel
Apa itu stainless steel ? Stainless steel ialah perpaduan atau kombinasi beberapa jenis logam ibarat besi dasar, kromium, nikel, dan unsur lain ibarat karbon, silicon dan mangan. Kromium dan nikel terutama berfungsi untuk menambah ketahanan logam terhadap korosi atau karat.

Peralatan anti karat stainless steel banyak dipakai untuk alat kesehatan dan peralatan memasak.  

Peralatan masak stainless steel

Setiap orang mempunyai selera dan kebutuhan memasak yang berbeda-beda, demikian pula halnya dengan perkakas memasak (kitchen cookware) yang akan digunakan. Peralatan masak biasanya dibedakan menurut materi dasar pembuatannya. Ada stainless steel, aluminium, anti lengket atau Teflon, tembaga, besi cor dll.

Dalam hal ini stainless steel termasuk salah satu materi pembuatan alat masak yang paling terkenal dan banyak digemari di masyarakat.

Setiap perkakas niscaya mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk alat masak paling terkenal yaitu stainless steel. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka akan mempermudah dalam perawatan sehingga perkakas tersebut lebih infinit dan tahan lama.

Dan pada jadinya biaya yang kita keluarkan untuk membeli alat masak tersebut akan menjadi investasi yang mempunyai kegunaan dalam jangka panjang.

Nah berikut ini ialah kelebihan dan kekurangan peralatan masak stainless steel :

Kelebihan atau laba alat masak stainless steel  

1. Sangat tahan lama, anda mungkin tidak perlu membeli perabot yang gres hingga benar-benar rusak.

2. Secara fisik sangat kuat, dan permukaannya halus tanpa pori-pori, sehingga tidak gampang penyok, retak, atau bocor.

3. Multifungsi atau sanggup dipakai untuk segala jenis masakan, alasannya ialah stainless steel tidak bereaksi terhadap masakan yang dimasak.

4. Mudah dirawat dan dibersihkan, cukup dengan sabun dan air bersih.

5. Setelah dibersihkan, perkakas masak stainless steel tetap bersinar dan kemilau walau sudah dipakai bertahun-tahun.

Kekurangan atau kerugian alat masak stainless steel 

1. Peralatan masak anti karat ini sejatinya bukan penghantar panas (konduktor) yang baik. Karena itu alat masak ini selalu dilapisi dengan pelat tembaga atau aluminium pada bab bantalan / dasarnya semoga pemanasan lebih cepat dan merata. Untuk mengenali perkakas stainless steel yang sudah dilapisi tembaga atau aluminium ialah dengan melihat bab alasnya. Bagian tersebut akan terlihat lebih tebal daripada bab sisinya.

2. Harga alat masak stainless steel biasanya lebih mahal dari pada, misalnya, alat masak aluminium. Meskipun soal harga sifatnya relative dan terkait dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Jika terkena suhu yang sangat panas, bab luarnya sanggup menghitam.

4. Paparan air garam yang terus menerus sanggup merusak wajan atau panci stainless steel dan menjadikan pitting.

Haruskah Anda mempunyai peralatan masak stainless steel ? Jawabannya tergantung selera dan kebutuhan memasak masing-masing. Bagi sebagian orang, peralatan stainless steel ialah pilihan tepat untuk kebutuhan dapur mereka. Tapi buat sebagian yang lain alat masak Teflon, atau aluminium sanggup jadi lebih baik.

Apapun perkakas masak yang digunakan, dikala menentukan atau membelinya haruslah dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan alat tersebut.