Ini Tips Memasak Tanpa Minyak Dengan Airfryer

Memasak tanpa minyak memakai airfryer

Memasak tanpa minyak dengan airfryer lambat laun menjadi ekspresi dominan yang makin digemari masyarakat di dalam negeri ataupun masyarakat internasional. Trend ini mempunyai makna kasatmata baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Tentang kelebihan memasak dengan airfryer bisa dibaca pada goresan pena sebelumnya (baca : Tips Membeli Alat Menggoreng Tanpa Minyak – Airfryer).

 Memasak tanpa minyak memakai airfryer Ini Tips Memasak Tanpa Minyak Dengan Airfryer

Airfryer ialah alat masak yang memakai teknologi perputaran hawa panas (rapid air technology) untuk menggantikan penggunaan minyak goreng. Dengan sirkulasi udara sampai 200°C airfyer bisa memasak materi kuliner menyerupai ayam, ikan, daging ataupun kue-kue. Teknologi airfrying menciptakan kuliner jadi lezat, renyah diluar namun lembut di dalam. Memasak dengan alat masak tanpa minyak diklaim 80 % lebih sehat dari pada kuliner yang dimasak memakai minyak goreng.  

Apa saja kuliner yang bisa dimasak dengan airfryer ?

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ialah kuliner apa saja yang bisa di masak dengan airfryer. Jawabannya : intinya alat masak air fryer bisa dipakai untuk memasak aneka macam kuliner enak menyerupai kentang goreng, snack, daging, ikan, daging unggas, brownies dan aneka macam macam kue.

Daging : daging ayam, daging sapi dan sebagian besar kuliner yang biasa digoreng atau dipanggang bisa dimasak memakai airfryer.

Sayur-sayuran : sayuran yang bisa dipanggang menyerupai jagung, kentang, paprika, zucchini, bisa dimasak dengan airfryer. Sedangkan sayuran yang biasa dikukus menyerupai wortel, brokoli, dan kacang-kacangan tidak bisa disiapkan dengan air fryer.

Makanan beku : snack beku atau materi kuliner berbasis kentang beku bisa dimasak memakai airfryer. Anda tidak perlu men-defrost kuliner tersebut sebelum memasukannya ke dalam airfryer. Makanan beku memang membutuhkan waktu masak sedikit lebih lama, namun tidak akan mensugesti hasil akhir. Alat masak tanpa minyak ini mempunyai tombol pengaturan suhu yang memungkinkan Anda menentukan pengaturan yang terbaik untuk masing-masing materi makanan.

Kelebihan airfryer : memasak dua sajian secara bersamaan

Salah satu kelebihan airfryer ialah bisa memasak dua macam materi kuliner secara bersamaan tanpa mensugesti aroma dan rasa masing-masing. Anda hanya perlu menempatkan pemisah atau separator ke dalam keranjang kemudian mengisinya dengan dua materi kuliner berbeda. Misalnya chicken nugget pada satu sisi dan kentang goreng pada sisi yang lain.

Meski dimasak secara bersamaan, Anda tidak perlu khawatir alasannya ialah kentang gorengnya tidak akan beraroma nugget. Pastikan Anda mengatur suhunya secara tepat.

Fitur ini menciptakan airfryer lebih irit energi listrik.

Penggunaan minyak pada airfryer

Pada dasarnya air fryer tidak memerlukan minyak goreng untuk proses mematangkan makanan. Namun minyak tradisional menyerupai minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak kacang-kacangan dan minyak yang telah dibumbui rempah-rempah sering dipakai untuk memperkaya rasa masakan. Caranya ialah dengan mengolesi materi kuliner dengan minyak tersebut.

Dalam hal ini, biasanya, menambahkan minyak hanya dibutuhkan bila Anda mempersiapkan materi kuliner buatan sendiri atau materi kuliner segar yang belum diolah sebelumnya, menyerupai kentang segar yang gres dikupas, atau daging ayam segar yang belum dibumbui dll.

Video memasak tanpa minyak dengan Philips airfryer (rapid air technology)


Itulah beberapa tips memasak dengan memakai alat masak tanpa minyak atau airfryer. Jika Anda mempunyai tips yang lain, jangan ragu untuk menambahkan.