Ini Pertimbangan Sebelum Membeli Kompor Induksi Yang Manis

Pengertian kompor induksi

Apa itu kompor induksi ? Dalam bahasa yang sederhana, induction cooktops atau kompor induksi ialah sejenis kompor canggih yang memanfaatkan reaksi elektromagnetik antara cookware atau alat masak dengan zona induksi untuk membuat panas. Alat masak yang terbuat dari logam besi atau baja akan melekat di permukaan magnetik sehingga tercipta reaksi yang menghasilkan panas. Uniknya, reaksi panas hanya akan terjadi pada alat masak, sedangkan kompor-nya sendiri tetap dingin.

Lihat video perihal kompor induksi berikut ini :


Kompor induksi merupakan buah dari kemajuan teknologi yang akan menghemat banyak waktu dan energi di dapur. Bukan hanya itu, induction cooktops juga mengatakan solusi keamanan yang lebih canggih dari kemungkinan luka bakar atau sejenisnya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Pertimbangan sebelum beli kompor induksi

Setiap keluarga mempunyai kebutuhan kompor yang berbeda. Nah, sebelum kita membeli kompor induksi yang elok dan sesuai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya : alat masak, ukuran, jumlah tungku (burner), desain dll.

 atau kompor induksi ialah sejenis kompor canggih yang memanfaatkan reaksi elektromagneti Ini Pertimbangan Sebelum Membeli Kompor Induksi Yang Bagus

Berikut beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli kompor induksi yang elok :

#1. Alat masak dari stainless steel / besi

Kompor ini hanya bekerja dengan alat masak (cookware) yang bersifat magnetik, contohnya yang terbuat dari stainless steel atau besi. Untuk mengetahui nya mudah, yaitu dengan melaksanakan test magnetik.

Dekatkan alat masak tersebut pada sebuah magnet, jikalau magnet melekat berarti alat masak tersebut bersifat magnetik, dan sanggup dipakai pada kompor ini. Jika tidak melekat artinya tidak bersifat magnetik dan tidak sanggup dipakai pada kompor tersebut.

Reaksi magnet terhadap alat masak dari stainless steel berbeda satu sama lain. Semakin berpengaruh magnet melekat pada stainless steel, maka semakin elok alat masak itu dipakai pada kompor ini.

Alat masak yang terbuat dari keramik, kaca, atau aluminium tidak sanggup dipakai pada kompor induksi, sebab tidak bereaksi terhadap magnet.

#2. Apakah kompor induksi kondusif dipakai ?

Pertanyaan ini sering diajukan oleh mereka yang masih ragu dengan aman-tidaknya kompor tersebut. Jawabannya, kompor induksi kondusif digunakan. Bahkan, sebab panas ditransfer pribadi ke alat masak, maka kompornya sendiri tetap dingin. Hal ini sangat mengurangi resiko luka bakar akhir menyentuh kompor. Kaprikornus buat anak kecil, kompor induksi juga lebih aman.

Namun sesudah dipakai terus-menerus, sanggup saja kompor menjadi hangat.

#3. Booster

Induction cooktops tak kalah powerful dari kompor gas atau kompor listrik. Bahkan, beberapa diantaranya mempunyai fitur booster yang memungkinkan alat masak mencapai suhu yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Kompor induksi yang mempunyai fitur booster punya banyak laba daripada yang tidak mempunyai booster.

#4. Instalasi

Instalasi kompor ini mudah. Kebanyakan kompor induksi sanggup pribadi ditaruh diatas meja. Pastikan pilih ukuran yang sesuai, jangan hingga kompornya kegedean atau mejanya kekecilan. Jika Anda tidak paham soal instalasi listrik, Anda sanggup minta pertolongan pada orang yang ahli.

#5. Desain

Kompor ini permukaannya datar atau flat, dan terbuat dari materi beling keramik. Kaca keramik sifatnya sangat keras, sehingga tidak akan tergores dalam pemakaian normal. Pengaturan suhu dilakukan dengan kontrol sentuh digital sehingga suhunya tepat.

Desain kompor dengan permukaan flat sangat menguntungkan sebab gampang dibersihkan. Selain itu juga simple dan elegan.

#6. Ventilasi

Pada pemakaian kompor induksi, hawa panas dari kompor jauh berkurang. Namun amis masakan, asap dan lemak masih ada, sehingga ventilasi tetap diperlukan. Sebuah cooker hood, ventilation hood, ataupun exhaust fan, sanggup menjadi pilihan.

Pada beberapa tipe ada yang dilengkapi dengan system ventilasi yang terintegrasi dengan perangkat. Namun Anda harus membeli system ventilasi ini secara terpisah.

Rekomendasi kompor induksi serta harganya

Merk kompor induksi yang dijual di pasaran sangat banyak, demikian pula harganya bervariasi. Jika Anda menemui kesulitan perihal mana yang akan dipilih, maka beberapa tipe berikut ini layak menjadi pertimbangan

1. Philips HD 4932 Harga Rp.950.000
2. Cosmos CIC 996 Harga Rp.840.000
3. Midea IC 1613 Harga Rp.750.000
4. Kenwood IH 470 Harga sekitar Rp.2.100.000
5. Mastoso MT-57 Harga sekitar Rp.3.770.000

Keterangan : Harga sanggup berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan penjual

Itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli kompor induksi yang elok dan sesuai. Ada yang ingin menambahkan ?