Ini Kelebihan Dan Kekurangan Kompor Induksi

Penggunaan kompor induksi semakin hari semakin dikenal, terutama di perkotaan. Mereka yang mempunyai dapur kecil serta dana terbatas menentukan memakai kompor induksi ukuran kecil. Sedangkan mereka yang punya dapur luas dan dana berlebih, memakai kompor induksi ukuran besar.

Kompor induksi atau induction cooktops memang punya beberapa kelebihan dibandingkan kompor jenis lain. Namun pada sisi lain kompor ini juga punya kekurangan.

Penggunaan kompor induksi semakin hari semakin dikenal Ini Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan kompor induksi.

Kelebihan kompor induksi :

#1. Pengaturan suhu cepat
Kelebihan kompor induksi yang utama yaitu Anda sanggup mengatur level suhu / temperatur yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Sebelum kompor berteknologi induksi muncul, orang sangat menyukai kompor gas, lantaran kompor ini juga sanggup menyalurkan suhu dengan cepat. Namun, untuk mengatur level suhu, kompor gas tidak memungkinkan. Sedangkan pada kompor listrik, untuk menaikkan atau menurunkan suhu / temperatur dilakukan secara perlahan.

Induction cooktops bisa mengatur level suhu dengan cepat dan presisi (exact). Suhunya juga lebih konsisten. Untuk mereka yang menekuni hobi masak dengan serius, pengaturan suhu yang sempurna antara suhu tinggi, sedang atau rendah sangat diperlukan.

Dengan makin berkembangnya kompor induksi, boleh jadi suatu ketika kelak, kita akan menyaksikan kompor gas menjadi “sejarah masa lalu” menyerupai halnya apa yang kita saksikan dengan “nasib” kompor / tungku batubara ketika ini.

#2. Tidak ada panas yang terbuang
Pada kompor induksi, energi eksklusif disalurkan ke alat masak oleh medan magnet, dan kemudian diubah menjadi panas. Hanya alat masak saja yang panas, sedangkan kompornya tetap dingin. Jadi, tidak ada energi yang terbuang.

Pada kompor gas atau kompor listrik, pertama-tama energi diubah menjadi panas melalui proses pembakaran, sehabis itu disalurkan ke alat masak. Sehingga banyak energi panas yang terbuang percuma. Bahkan suhu udara didapur pun bisa terasa panas.

Penggunaan kompor induksi semakin hari semakin dikenal Ini Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Gambar diatas ini sanggup menggambar secara tepat, bahwa hanya area alat masak saja yang panas. Area lainnya tetap dingin. (coklat hanya meleleh diatas "alat masak" sedangkan yang ada diatas kompor induksi tetap padat).

#3. Keamanan
Kelebihan kompor induksi yang lainnya yaitu lebih aman. Karena tanpa api dan kompornya sendiri tetap dingin, maka tidak akan ada tangan atau jari yang terbakar. Pada kompor ini, energi disalurkan lewat medan magnet ke pot atau alat masak saja. Sehingga, walaupun pada maksimum level, tangan Anda tidak merasa panas jikalau diletakkan di atas kompor. Namun hati-hati, lantaran alat masak bisa sangat panas. Kaprikornus alat masak jangan disentuh.

Sumber daya kompor induksi yaitu listrik, bukan gas. Kaprikornus tidak ada istilah kebocoran gas yang sanggup menimbulkan ledakan atau kebakaran.

Secara umum, kompor ini juga lebih kondusif terutama untuk anak kecil.

#4. Sehat dan nyaman.
Dengan tidak adanya proses pembakaran maka tidak akan terjadi kekurangan oksigen di dapur. Bau asap dapur juga bisa diminimalisir. Sehingga dapur pun lebih sehat dan nyaman.

Baca juga : Tips Memilih Alat Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood

#5. Ketersediaan sumber daya
Energi listrik yaitu sumber tenaga kompor ini. Sekarang ini listrik ada dimana-mana. Pada sisi lain tidak semua rumah mempunyai instalasi pipa gas. Penyebaran listrik lebih luas dan lebih merata dibandingkan dengan penyebaran gas, misalnya.

#6. Mudah dibersihkan
Permukaan kompor ini sangat datar tanpa pernak-pernik yang rumit, sehingga gampang dibersihkan.

#7. Tampilan lebih menarik
Jika Anda suka dengan tampilan dapur yang rapi, estetik dan minimalis, maka kompor induksi yaitu jawabannya.

#8. Mudah dan gampang dibawa
Kompor induksi jenis portable bentuknya kecil dan tidak perlu reservoir untuk menampung materi bakar sehingga sangat mudah dan gampang dibawa.

Kekurangan kompor induksi :

Setiap produk teknologi niscaya mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk kompor dengan teknologi induksi. Dan berikut ini yaitu kekurangan kompor induksi.

#1. Alat masak terbatas
Kekurangan kompor induksi yang utama yaitu hanya sanggup bekerja dengan alat masak yang bereaksi terhadap magnet menyerupai stainless steel atau mengandung unsur besi. Sedangkan pada alat masak yang terbuat dari tembaga, kaca, atau keramik tidak sanggup bekerja dengan baik.

Cara untuk mengetahui alat masak yang kompatibel dengan kompor induksi yaitu dengan mengetesnya memakai magnet dekorasi yang sering ditempel belum dewasa di pintu kulkas. Jika magnet mainan itu melekat besar lengan berkuasa berarti alat masak itu cocok. Jika magnet melekat lemah atau tidak melekat berarti tidak cocok.

Cara menentukan peralatan masak yang cocok untuk kompor induksi yaitu menyerupai pada video berikut ini.



Jika anda bermaksud membeli alat masak untuk kompor induksi, pastikan ada keterangan kompatibel pada alat masak tersebut (pada video diatas ada goresan pena "true induction" atau sejenisnya). Atau tes eksklusif dengan magnet menyerupai diatas.

#2. Supply listrik
Penggunaan kompor induksi sangat bergantung pada pasokan listrik. Jika pasokan terganggu Anda otomatis tidak sanggup memasak. Pasokan gas bisa juga terganggu tapi biasanya sanggup diantisipasi jauh-jauh hari.

Kelebihan dan kekurangan kompor induksi yang debatable

“Debatable” artinya bisa diperdebatkan, benar tidaknya tergantung kondisi riil di lapangan.

#1. Biaya lebih mahal
Harga kompor induksi sering dianggap lebih mahal dari kompor gas, lantaran teknologinya juga lebih gres dan modern. Tapi jangan lupa, kompor yaitu alat yang dipakai untuk tujuan jangka panjang, bukan sekali pakai. Kaprikornus biaya pengoperasian mesti dihitung. Selain itu kelebihan kompor induksi sanggup memasak lebih cepat dari kompor gas, sehingga dalam jangka panjang kompor induksi bisa lebih hemat.

#2. Harga listrik vs harga gas
Kompor induksi tergantung pada listrik, kompor gas tergantung pada gas. Mana yang lebih murah antara listrik vs gas ? Mungkin tak ada seorangpun yang bisa menjawabnya. Harga keduanya bisa fluktuatif dan sangat tergantung wilayah. Yang jelas, harga listrik dan harga gas hampir setiap tahun naik.

#3. Seputar pengaruhnya pada alat pacu jantung
Ada cukup perdebatan akhir-akhir ini perihal apakah induksi elektromagnetik sanggup menimbulkan ancaman kepada orang-orang dengan alat pacu jantung, atau tidak.

Sementara para hebat tidak lingkaran perihal hal ini, maka situs ini merekomendasikan Anda untuk mengambil perilaku yang paling kondusif yaitu tidak memakai kompor induksi jikalau Anda mempunyai alat pacu jantung

Itulah kelebihan dan kekurangan kompor induksi, terutama jikalau dikomparasi dengan kompor gas ataupun kompor listrik. Jika Anda punya pendapat lain, jangan sungkan untuk mengembangkan pada kami.