Ini 5 Cara Menghilangkan Kedaluwarsa Pete Dan Jengkol Pada Alat Makan

Cara menghilangkan amis pete dan jengkol 

Suka makan nasi goreng pete, sambel pete, atau suka semur jengkol ? Hmmm ….

Pete (petai) dan jengkol merupakan materi masakan yang kontroversial. Karena ada orang yang suka banget, tapi ada juga yang anti banget. Jadinya ketika memasak pete atau jengkol ada semacam “guilty pleasure”. Rasa suka tapi sekaligus juga rasa bersalah.

 Cara menghilangkan amis pete dan jengkol Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Pete dan Jengkol Pada Alat Makan

Jengkol dan pete sanggup menambah kenikmatan bersantap dan nafsu makan. Namun pada sisi lain aroma atau amis yang dikeluarkan sanggup menciptakan orang lain tidak nyaman.

Pete dan jengkol memang sanggup menciptakan aroma masakan menjadi lebih tajam sehingga meningkatkan nafsu makan. Masalahnya memasak pete menciptakan baunya menyebar keseluruh penjuru rumah. Bahkan ke rumah tetangga.

Selain itu, baunya sanggup mengendap pada beberapa peralatan masak dan peralatan makan. Untuk menghilangkan amis pete dan jengkol, berikut caranya.

#1. Rendam sesudah digunakan

Jangan membiarkan peralatan memasak dan peralatan makan yang sudah dipakai untuk menyiapkan masakan yang mengandung pete dan jengkol dibiarkan begitu saja.

Bila memang butuh direndam, segera rendam dengan air hangat yang sudah dicampur sabun basuh piring dan perasan jeruk nipis. Setelah direndam selama 5-10 menit, basuh peralatan makan dengan sabun sampai berbusa, kemudian bilas.

#2. Perhatikan pori-pori peralatan memasak

Beberapa peralatan memasak yang berbahan kayu menyerupai cobek, talenan, wajan, atau spatula mempunyai pori-pori yang setiap lubangnya berisiko menjadi kawasan sisa masakan dan persembunyian bau.

Setelah dipakai segera bilas dengan air untuk menghilangkan sisa masakan kemudian sikat permukaannya dengan sikat gigi bekas atau sikat halus dengan sabun basuh piring.

#3. Gunakan cuka

Jika peralatan makan tak kunjung hilang amis petenya, teteskan air perasan jeruk nipis, kemudian ulangi mencucinya dengan sabun basuh piring dan tambahkan soda kue.

Cara lainnya, rendam peralatan makan dengan satu sendok makanc uka yang dicampur air satu bejana selama 4-5 jam.

#4. Perhatikan barang alumunium

Peralatan memasak yang terbuat dari alumunium sebaiknya direndam dahulu dengan air hambar yang dicampur soda kue.

Setelahnya gunakan adonan sabun basuh piring dan air jeruk nipis dikala mencucinya biar baunya benar-benar hilang. Segera keringkan biar tak ada sisa air yang melekat di peralatan memasak.

#5. Segera pel lantai ruangan

Bau jengkol dan pete biasanya tak hanya melekat di peralatan makan tapi juga dalam ruangan Anda. Salah satu cara mencegahnya yaitu menyingkirkan dahulu semua peralatan rumah tangga yang berbahan kain, menyerupai keset, karpet, dan tirai.

Cara menghilangkan amis lainnya yaitu dengan segera mengepel ruangan di dalam rumah dengan cairan pel yang mengandung aroma wangi atau bakarlah kayu bagus di atas kompor untuk mengurangi amis tak sedap.

Pada kesudahannya selalu ada yang harus kita bayar untuk sebuah kenikmatan. Makan jengkol atau pete memang nikmat, tapi untuk mengilangkan baunya juga tak kalah ribet. Kaprikornus impas ‘kan ?