Ini Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga Secara Online

Tips beli alat rumah tangga online

Membeli peralatan rumah tangga secara online punya banyak keuntungan. Misalnya kita sanggup mencari informasi soal peralatan tersebut secara lengkap, membaca review produk-nya dari mereka yang berkompeten, membandingkan peringkat produk menurut pengalaman konsumen lain, serta sanggup mencari penawaran terbaik dari harga di banyak sekali situs.

Jika kita ingin membeli peralatan rumah yang ukurannya besar, maka kita harus melaksanakan pengukuran ruangan terlebih dulu untuk memastikan peralatan itu sesuai dengan rumah kita.

 Membeli peralatan rumah tangga secara online punya banyak laba Ini Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga Secara Online

Tapi sebelum itu ketahui dulu kelebihan dan kekurangan belanja secara online.

Kelebihan membeli secara online diantaranya :

#1. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Artinya tidak terikat oleh kawasan dan waktu.
#2. Banyak pilihan toko online dengan produk yang lengkap.
#3. Hemat waktu dan tenaga.
#4. Bisa membandingkan harga antara toko online yg satu dengan yang lainnya sehingga mendapat barang kualitas cantik dengan harga termurah.
#5. Proses belanja mudah. Pembayaran sanggup dilakukan dengan transfer bank, ATM, mobile banking, kartu kredit, bahkan bayar ditempat (cash on delivery) dll.

Kekurangan membeli secara online diantaranya :

#1. Bisa terjadi penipuan. Walaupun sudah dibayar tapi barang tidak dikirim.
#2. Kualitas barang tidak sesuai dengan yang dipromosikan.
#3. Tidak sanggup mencoba barang yang dipesan.
#4. Barang tidak pribadi diterima, tapi butuh waktu pengiriman.

Nah, biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pribadi saja berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli peralatan rumah tangga secara online.

#1. Lakukan pengukuran ruangan

Tips ini berkhasiat bila kita akan membeli alat rumah tangga ukuran besar, alasannya yakni jangan hingga alat yang dibeli ukurannya melebihi space ruang yang tersedia. Alat rumah tangga yang ukurannya besar contohnya kulkas, mesin cuci, pengering, ataupun kompor.

Gunakan pita meteran untuk mengukur panjang, lebar, dan ketinggian ruangan. Kemudian simpan kesudahannya di laptop atau komputer, biar kita sanggup melihatnya nanti dikala searching online. Biasanya situs belanja online akan menyediakan informasi soal dimensi / ukuran yang akurat untuk setiap peralatan rumah tangga yang mereka jual.

#2. Buatlah daftar fitur yang diinginkan

Langkah ini akan membantu kita menemukan alat yang sempurna dikala belanja online. Karena setiap brand biasanya punya fitur yang berlainan. Misalnya, kita ingin membeli panggangan yang ada fitur jendela transparan, display-nya digital, pengaturan suhunya hingga sekian derajat, auto shut off, dll maka tulislah daftar fitur tersebut dengan rinci.

Simpan lagi daftar fitur yang diinginkan tersebut ke dalam laptop.

#3. Cari bab peralatan rumah tangga di situs online yang menampilkan ulasan konsumen

Ini akan berkhasiat untuk mengetahui apa pengalaman nyata dan negatif dari konsumen lain yang telah memakai produk tersebut.

Misalnya, bila kita ingin membeli kulkas stainless steel, tapi khawatir bila permukaan-nya gampang penyok, maka ulasan konsumen mungkin ada yang mengungkapkan bila ia pernah bermasalah dengan penyok tersebut dll.

Carilah juga gambar bintang atau ikon lain yang memperlihatkan peringkat di bawah setiap nama produk. Ini akan memungkinkan kita untuk mengetahui produk yang paling disukai oleh konsumen. Tapi pastikan bahwa peringkat tersebut yakni hasil dari banyak ulasan, dan bukan hanya ulasan dari 1 atau 2 pembeli saja.

#4. Searching juga untuk brand favorite

Jika kita mencari peralatan brand tertentu, pencarian internet akan menampilkan beberapa situs yang menjual produk brand tersebut.

Kunjungi mesin pencari dan ketik kata kunci untuk alat tertentu. Misalnya, bila kita mencari merek mesin basuh tertentu dan modelnya top-loading, maka masukkan nama merek, nomor model, dan frasa "top-loading mesin cuci" ke dalam mesin pencari. Hasil pencarian kemungkinan besar akan menampilkan sejumlah pengecer online yang menjual alat yang spesifik.

#5. Pelajari dan pahami kebijakan pembelian pada setiap situs

Beberapa situs online sangat mungkin mempunyai kebijakan berbeda dalam hal : garansi produk, pengembalian barang, atau pengembalian uang alasannya yakni alat yang rusak atau kita tidak puas dengan kualitas produk.

Cari topik wacana "Cara pengembalian," "Kebijakan penukaran barang," atau "Syarat dan Ketentuan" pada situs online tersebut untuk mengetahui bagaimana kebijakan mereka soal hal ini. Dalam kebanyakan kasus, informasi ini sanggup ditemukan dalam bab FAQ atau frequently asked question di situs tersebut.

#6. Beli alat dari situs belanja online dengan harga termurah

Ketahui biaya pengiriman, pajak penjualan, atau biaya pemesanan lain yang mungkin berlaku.
Tuliskan jumlah biaya yang terkait tersebut ke dalam laptop untuk memilih toko online yang memperlihatkan harga termurah.

#7. Hubungi toko online tersebut secara langsung, bila ada pertanyaan wacana kebijakan yang belum dimengerti. Carilah link "Hubungi Kami" untuk mendapat nomor telepon, alamat email, atau informasi chatting.

#8. Jika ada situs belanja online yang mencurigai kredibilitasnya, carilah informasi siapa pemiliknya melalui situs whois.com.