Ini 4 Tips Cat Yang Anggun Berkualitas Untuk Rumah

Cat yang bagus berkualitas untuk rumah

Apa balasannya kalau rumah kita tidak dicat ? Jawabnya : rumah akan terlihat kusam, kotor dan materialnya cepat rusak. Benar. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, cat juga berfungsi untuk melindungi material rumah dari hujan, panas, dan cuaca ekstrim.

 Apa balasannya kalau rumah kita tidak dicat  Ini 4 Tips Cat Yang Bagus Berkualitas Untuk Rumah


Cat yaitu salah satu material yang sangat diharapkan di rumah kita. Namun, banyaknya brand cat di pasaran menciptakan kita harus ekstra hati-hati dalam memilih. Salah dalam menentukan cat bukan hanya akan merusak tampilan rumah, tapi juga bisa berakibat jelek bagi kesehatan penghuninya.

Bagaimana cara menentukan cat yang bagus dan berkualitas ? Ini ia tipsnya.

#1. Cat ramah lingkungan, kondusif untuk kesehatan
Bagaimanapun kesehatan penghuni rumah yaitu yang paling utama. Karena itu pilih cat yang ramah lingkungan alasannya yaitu lebih kondusif untuk kesehatan.

Cat yang kondusif untuk kesehatan tidak mengandung materi kimia timah hitam (Pb) dan logam merkuri (Hg). Selain itu, pilihlah cat yang mempunyai label free lead, low volatile organic compound (VOC).

Bila dimungkinkan, ciumlah aroma cat yang akan dibeli. Cat yang kondusif bagi kesehatan baunya tidak menusuk hidung. Jangan pilih cat dengan aroma wewangian, alasannya yaitu cat tersebut jelek untuk kesehatan.

#2. Cat eksterior dan interior itu berbeda
Biasanya pada kemasan cat disertai keterangan label untuk penggunaan eksterior atau interior. Kedua label tersebut punya spesifikasi berbeda.

Cat eksterior punya ketahanan yang lebih tinggi terhadap cuaca, menyerupai paparan sinar matahari, hujan, panas serta perubahan suhu. Masing-masing produsen mempunyai sebutan berbeda, menyerupai weathershield, weatherproof, weathercoat, dan easyshield.

Untuk pecahan dalam rumah, pilih cat interior yang kualitas warnanya tahan usang dan gampang perawatannya.  Dengan cat yang bagus berkualitas maka frekuensi pengecatan dinding bisa dikurangi.

#3. Cat dengan lapisan anti jamur
Tinggal di daerah beriklim tropis niscaya sudah terbiasa dengan curah hujan yang tinggi. Kondisi demikian menciptakan lingkungan gampang lembab, dan jamur berkembang biak dengan cepat. Salah satunya yaitu pada dinding, baik di dalam maupun luar rumah. Jamur pada dinding akan merusak lapisan cat tembok.

Untuk itu pilih cat dengan lapisan anti jamur. Dengan menggunakan cat anti jamur, dinding atau tembok rumah akan lebih terlindungi dari jamur.

#4. Praktis dibersihkan
Pilihlah cat yang gampang dibersihkan dan tahan terhadap noda, baik untuk interior ataupun eksterior. Memilih cat yang gampang dibersihkan merupakan investasi cerdas alasannya yaitu kita tidak perlu terlalu sering melaksanakan pengecatan ulang.

Jika menghendaki hasil setengah mengkilap, tahan gores, dan tahan gosokan, maka pilihlah jenis pearl go atau vinyl silk. Cat jenis ini gampang dibersihkan sehingga sesuai untuk tempat yang rawan kotor menyerupai garasi, kamar mandi, dan dapur. Dengan catatan, noda yang bisa dibersihkan yaitu yang bersifat waterbased.

Baca juga : Tips Mewarnai Kamar - Ruangan Sesuai Zodiak
Serta baca : Tips Memilih Jasa Arsitek Yang Bagus dan Terbaik

Itulah 4 tips cat yang bagus dan berkualitas untuk rumah. Jika pembaca punya tips yang lain, jangan sungkan untuk mengembangkan pada kami.