Ini Jenis-Jenis Karpet Berdasarkan Materi Pembuatannya

Menurut bahasa, istilah karpet berasal dari bahasa Italia “carpita” atau “carpire” yang berarti memetik. Di Indonesia karpet jenis tertentu sering disebut juga dengan permadani. Biasanya “permadani” merujuk pada jenis yang ukurannya lebih besar, lebih tebal atau lebih lembut. Sedangkan “karpet” merujuk pada jenis yang ukurannya lebih kecil atau lebih tipis.

Tulisan ini menentukan untuk memakai satu istilah saja yaitu “karpet”.

 istilah karpet berasal dari bahasa Italia  Ini Jenis-jenis Karpet Menurut Bahan Pembuatannya

Karpet ada yang dibentuk secara tradisional (manual) dan ada juga yang dibentuk dengan memakai teknologi modern (dengan mesin).

Jenis karpet berdasarkan materi pembuatannya 

Menurut materi pembuatannya, karpet dibedakan menjadi beberapa macam. Misalnya, karpet sutra, karpet wol, karpet akrilik dll.

Dibawah ini yaitu beberapa jenis karpet berdasarkan materi pembuatannya. Karpet-karpet tersebut tergolong laku dan terkenal di pasaran.

#1. Karpet sutera

Sesuai namanya karpet sutera terbuat dari serat sutera alami yang berkualitas tinggi. Harga karpet sutera mungkin yang termahal dari karpet yang lain. Kapet sutra selalu tampil mewah, bahannya halus dan lembut, corak warna kuat, dan nyaman digunakan.

#2. Karpet wol

Karpet ini cukup terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat. Harga karpet wol juga termasuk mahal. Kelebihan karpet wol tahan air, api, dan noda, lapisannya tebal dan awet. Jika dirawat dengan baik, karpet wol sanggup bertahan hingga 30 tahun.

#3. Karpet akrilik

Karpet akrilik seolah-olah dengan karpet wol dan juga banyak dipilih masyarakat. Bedanya wol berasal dari materi alami, sedangkan akrilik dari materi sintetis. Kelebihan karpet akrilik tahan dari jamur, tahan kelembaban, perawatan gampang dan awet.

#4. Karpet nilon

Untuk kategori karpet berbahan sintetis, nilon termasuk yang paling populer. Kelebihan karpet nilon yaitu awet, tahan dari jamur, lumut dan noda, gampang dibersihkan, dan yang terpenting harganya cukup murah.

#5. Karpet polypropylene 

Karpet ini terbuat dari materi sintetis halus. Kelebihannya awet, gampang dirawat, harganya murah. Karpet polipropilene banyak disukai masyarakat. Kelemahan ini yaitu warnanya gampang pudar.

Baca juga : 7 Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Karpet

Itulah beberapa jenis karpet berdasarkan materi dasar pembuatannya. Nah, karpet mana yang Anda pilih ?