Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected Tanpa Software!

Falsdisk muncul tulisan Flashdisk Write Protected - Sudah di coba perbaiki dengan berbagai software seperti HP USB Format Tool dan sejenisnya tetap tidak bisa, flashdisk tidak bisa di format. Sudah coba gunakan komputer atau laptop lain hasilnya tetap saja gak ada perubahan. Setelah mencoba berbagai cara akhirnya ketemu juga solusinya.


Yaitu dengan memformat flashdisk menggunakan safe mode. Setelah mencoba memformat flashdisk tersebut melalui Windows Safe Mode, dan ternyata cara tersebut berhasil, USB Flashdisk yang Write Protected tersebut berhasil diformat meskipun prosesnya cukup lama. Untuk memastikan bahwa bahwa kondisi flashdisk sudah normal, maka laptop saya restart dan booting secara normal kemudian mengecek lagi kondisi Flashdisk dengan memasukkan data dan mendeletenya dan ternyata bisa. Akhirnya USB Flashdisk yang Write Protected telah berhasil diperbaiki.

Bagi yang belum tau caranya, berikut ini cara masuk ke safe mode dan memperbaiki USB Flashdisk yang Write Protected


  1. Restart Komputer atau Laptop anda
  2. Setelah menyala kembali dan sebelum logo Windows muncul silahkan tekan tombol F8 berkali-kali, atau apabila gak mau ribet tekan aja tombol F8 sejak komputer mulai booting, tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah:windows safe mode
  3. Pilih Safe Mode dan tekan Enter. 4. Setelah login ke Windows, lalu format USB Flashdisk dengan cara klik kanan pada USB Drive lalu klik Format, Silahkan pilih quick format.
  4. Jika berhasil akan muncul message “Format is Complete”


Demikianlah cara memperbaiki flashdisk yang write protected ini yaitu dengan memformatnya dalam windows safe mode. Semoga bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah anda yang flashdisknya Write Protected