Ini Tips Menentukan Keramik Yang Anggun Untuk Lantai Dan Dinding

Salah satu yang perlu diperhatikan dikala membangun atau merenovasi rumah yaitu soal keramik atau ubin.  Karena keramik yaitu material utama untuk lantai ataupun dinding. Dibandingkan dengan lantai semen atau lantai kayu, lantai dari keramik punya kelebihan yaitu lebih indah, lebih kekal dan tidak gampang tergores.

Salah satu yang perlu diperhatikan dikala membangun atau merenovasi rumah yaitu soal kerami Ini Tips Memilih Keramik Yang Bagus Untuk Lantai dan Dinding

Di pasaran dijual aneka macam macam ubin atau keramik. Model, ukuran dan jenisnya sangat bervariasi, demikian pula contoh dan desain yang tertera di permukaan keramik berbeda-beda.

Memilih keramik cantik untuk lantai - dinding

Nah, bagi Anda yang sedang berencana mau membangun atau merenovasi rumah, berikut yaitu beberapa tips dalam menentukan keramik yang bagus. Kami membaginya menurut letak atau fungsi ruangan.

#1. Keramik untuk eksterior – luar ruang
Untuk eksterior atau luar ruang sebaiknya pilih keramik tahan cuaca, yaitu yang daya serap airnya rendah. Keramik untuk luar ruang pada umumnya permukaannya mempunyai contoh atau berglasur. Untuk mengantisipasi lantai licin maka gunakan jenis yang permukaannya anti selip atau tidak mengkilat. Ubin jenis porselen sanggup dipakai di area ini.

#2. Keramik untuk ruang publik
Jenis keramik yang diharapkan untuk ruang publik yaitu yang berglasur, atau keramik tidak berglasur tapi punya tingkat kekerasan tinggi. Selain itu ubin tersebut tahan pengikisan dan cairan kimia. Untuk jenis keramik glossy yang mengkilap, perlu diperhatikan kualitas glasurnya. Sebab ubin di ruang tersebut akan banyak diinjak oleh orang yang lewat. Jika kualitas glasurnya rendah, maka kilapnya akan cepat terkikis.

#3. Keramik untuk interior rumah
Untuk lantai ruangan dalam rumah (interior) tidak perlu jenis yang superior. Sebab, di ruangan dalam rumah jarang orang berlalu-lalang, apalagi kalau penghuni rumahnya sedikit. Namun desain atau motif keramik perlu dipilih yang terbaik. Karena akan menambah nila estetika rumah.

#4. Keramik untuk area pintu masuk
Area sekitar pintu masuk perlu jenis keramik yang kuat, tebal, dan padat. Karena ini merupakan pecahan rumah yang mempunyai beban berat. Semua kotoran dari luar rumah yang terbawa masuk melewati kawasan ini. Keramik lantai jenis glossy atau semi glossy cocok untuk area pintu masuk.

#5. Keramik untuk anak tangga
Jenis keramik yang khusus untuk anak tangga disebut bullnose atau stepnose. Ubin ini bersifat anti selip. Keramik untuk tangga biasanya yaitu yang bertekstur dan tidak licin.

#6. Keramik lantai dapur
Keramik dapur biasanya dipasang di lantai dan di dinding. Untuk lantai dapur perlu jenis yang tahan terhadap lemak, asam-basa, dan cairan pewarna. Tujuannya kalau ada materi masakan yang tercecer dan jatuh ke lantai maka akan gampang dibersihkan.

Untuk dinding dapur sebaiknya pilih keramik yang glossy serta tahan terhadap lemak, asam-basa, dan suhu tinggi.

#7. Keramik lantai kamar mandi
Keramik lantai kamar mandi jarang yang berukuran besar, melainkan ukuran sedang atau kecil. Lantai kamar mandi sebaiknya menggunakan jenis ubin berwarna jelas dan bertekstur. Warna jelas semoga terkesan luas, bertekstur semoga tidak licin dan tidak gampang terpeleset. Untuik dinding kamar mandi sebaiknya menggunakan keramik berglasur, glossy dan gampang dibersihkan.

Baca juga : 7 Cara Praktis Merawat dan Membersihkan Karpet

Itulah tips singkat menentukan keramik cantik untuk lantai dan dinding di rumah. Jika Anda punya tips yang lain silakan menambahkan di kolom komentar.