Ini Laba - Kerugian Memakai Robot Vacuum Cleaner

Apa itu robot vacuum cleaner dan apa pula laba bila kita menggunakannya ? Robot vacuum cleaner yakni alat pembersih bubuk ukuran kecil berbentuk cakram yang dilengkapi dengan sensor otomatis. Vacuum cleaner robotic sanggup diprogram kapan waktunya untuk membersihkan lantai atau karpet di rumah, sementara kita sanggup bersantai atau melaksanakan hal lain. Robot pembersih lantai ini cocok untuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk membersihkan lantai atau karpet.

dan apa pula laba bila kita menggunakannya  Ini Keuntungan - Kerugian Menggunakan Robot Vacuum Cleaner

Harga robot vacuum cleaner cukup murah. Cara menggunakannya pun tidak mengecewakan simple. Berikut ini beberapa kelebihan atau laba memakai vacuum cleaner robotic :

#1. Hemat waktu dan tenaga
Membersihkan lantai atau karpet menguras banyak waktu dan tenaga. Jika kita yakni karyawan kantor yang bekerja seharian dari pagi hingga petang, acara bersih-bersih lantai sanggup sangat melelahkan. Kita mungkin sanggup menggaji pembantu atau ajun rumah tangga untuk urusan ini, tapi itu artinya harus ada dana embel-embel untuk menggaji mereka setiap bulan.

Menggunakan vacuum cleaner robotic merupakan solusi bijak untuk mengatasi hal ini. Karena alat ini sanggup melaksanakan pekerjaan membersihkan lantai secara otomatis dan tanpa pengawasan. Kita bahkan sanggup mengatur kapan robot pembersih bubuk ini bekerja. Dengan menentukan robot vacuum cleaner yang manis dan tepat, kita akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

#2. Cocok untuk orang yang sibuk atau penyandang disabilitas
Orang yang super sibuk atau orang yang mempunyai keterbatasan fisik tertentu (disabilitas) lebih cocok memakai vacuum cleaner robotik. Karena alat ini sanggup diseting untuk membersihkan lantai kapan saja. Perawatan alat ini juga cukup murah sehingga lebih ekonomis dari pada menyewa jasa pembantu atau ajun rumah tangga.  

#3. Dapat mendeteksi permukaan lantai
Sebuah robot vacuum cleaner sanggup mendeteksi perbedaan permukaan lantai antara bidang yang satu dengan yang lainnya, sekaligus menyesuaikan pengaturan untuk masing-masing bidang lantai. Alat ini juga sanggup mengenali dinding dan turunan tangga, dan akan berbalik manakala menjumpainya.

#4. Fiturnya lengkap dan canggih
Penghisap bubuk robotik model terbaru mempunyai fitur yang lengkap dan canggih, sehingga membersihkan bubuk lebih maksimal. Misalnya kantong bubuk yang lebih besar sehingga sanggup menampung bubuk dari beberapa kali pembersihan. Sensor canggih yang sanggup membedakan antara permukaan lantai biasa dan karpet, sekaligus menyesuaikan transisi pengaturannya, dll.

Kecanggihan robot vacuum cleaner sanggup digambarkan dalam video berikut ini :


#5. Dapat mengisi ulang (recharge) baterai secara otomatis
Vacuum cleaner robotic bekerja dengan baterai listrik yang sanggup diisi ulang. Hebatnya robot ini sanggup mengisi ulang baterainya secara otomatis. Makara jangan khawatir ia akan mogok ditengah jalan gara-gara kehabisan baterai. Sebelum baterainya benar-benar habis, robot pembersih bubuk ini akan menuju docking untuk isi ulang.

Alat ini juga akan kembali ke docking bila tugasnya sudah selesai.

#6. Dapat dibatasi area kerjanya dengan dinding virtual
Dinding virtual yakni dinding maya yang dibentuk sebagai batas supaya robot vacuum cleaner ini tidak menyeberang melewati batas tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat contohnya supaya alat ini tidak nyelonong ke teras atau keluar rumah pada ketika pintu rumah dibuka.

#7. Mampu mendeteksi banyak-sedikitnya bubuk di suatu tempat
Robot vacuum cleaner terbaru mempunyai sensor canggih yang sanggup “menghitung” jumlah bubuk atau kotoran di suatu tempat. Jika jumlah debunya kira-kira banyak maka ia akan berputar-putar ditempat tersebut hingga bersih. Lihat video diatas.

#8. Praktis dirawat dan dibersihkan
Cara merawat vacuum cleaner robotik sangat mudah. Jika dirawat dengan benar, penghisap bubuk dan kotoran ini sanggup infinit bertahun-tahun. Misalnya dengan menyingkirkan lebih dulu partikel tajam yang ada dilantai supaya tidak tersedot, mengganti kantong debu, rajin membersihkan filter dll.

#9. Ukurannya kecil, kompak dan gampang disimpan
Dibandingkan dengan model upright ataupun canister, maka penghisap bubuk robotic ukurannya jauh lebih kecil. Bentuknya pun kompak sehingga gampang disimpan dimana saja, dan juga gampang dibawa kemana saja.

#10. Ideal untuk kaum difabel dan lansia
Untuk orang yang punya problem mobilitas, ibarat lansia dan difabel, maka penggunaan robot vacuum cleaner sangat menguntungkan. Kita tidak perlu memegangnya kesana-kemari. Tinggal pencet remote, selesai. Alat ini akan menghisap bubuk dan kotoran di lantai secara otomatis.

Kerugian atau kelemahan vacuum cleaner robotic

Robot vacuum cleaner relatif gres dijual di pasaran.  Di satu sisi robot pembersih ini punya banyak manfaat atau laba sebab sanggup membersihkan lantai rumah secara otomatis. Namun pada sisi lain, robot vacuum juga punya beberapa kelemahan.

Kerugian atau kelemahan vakum robotic contohnya ibarat di bawah ini.

#1. Kapasitas robot vacuum termasuk kecil dibandingkan dengan vakum standar. Itu berarti alat pembersih ini kapasitasnya tidak sanggup banyak menampung kotoran. Makara Anda harus lebih sering mengosongkan atau mengganti kantung bubuk supaya sanggup terus bekerja.

#2. Kerugian lain yakni pada daya baterai. Tapi ini tergantung pada brand vakum dan modelnya. Ada yang daya baterainya cepat terkuras ada juga yang ekonomis baterai.

Banyak juga model robot vakum yang sanggup mengisi ulang baterai secara otomatis sesudah mereka selesai membersihkan.

#3. Harga robot vakum cleaner cenderung lebih mahal dari vacuum standar. Maklum teknologinya juga lebih maju. Namun harga vacuum robotic terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

#4. Biaya pemeliharaan relatif lebih tinggi dibandingkan vakum biasa.

Baca juga : Tips Memilih Vacuum Cleaner Yang manis dan Terbaik

Itulah kelebihan dan kekurangan robot vacuum cleaner. Silakan dipertimbangkan untung ruginya memakai robot ini. Bagaimana, tertarik ?