Ini Ini Beliau 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui

Kulkas atau lemari es kini ini sudah menjadi bab penting dari dapur kita. Dengan suhunya yang dingin, perangkat ini sangat mempunyai kegunaan untuk menjaga kesejukan dan kualitas makanan yang kita miliki. Namun alasannya yakni setiap rumah tangga mempunyai kondisi dan kebutuhan yang berbeda, maka harus dipikirkan ibarat apa model kulkas yang cocok untuk keluarga di rumah. Ketersediaan ruang, gaya hidup, serta anggaran yakni beberapa pertimbangan penting sebelum kita menentukan atau membeli kulkas.

Biasanya yang pertama kali kita miliki yakni kulkas 1 pintu, alasannya yakni harganya cukup murah dan sanggup menyimpan makanan tidak mengecewakan banyak. Setelah keluarga semakin besar, gres memerlukan kulkas lain sesuai kebutuhan.

Berikut dibawah ini yakni 5 macam kulkas lainnya yang tersedia di pasaran serta bagaimana cara memanfaatkan lemari es tersebut secara maksimal.

#1. Kulkas Top Freezer

Kulkas atau lemari es kini ini sudah menjadi bab penting dari dapur kita Ini Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui
Kulkas top freezer atau freezer atas, merupakan salah satu jenis kulkas yang banyak dipilih oleh masyarakat. Alasannya alasannya yakni harga kulkas top freezer tergolong murah dan terjangkau. Hmm, faktor harga memang selalu menjadi tolok ukur pertama sebelum menentukan atau membeli sesuatu.

Sesuai namanya unit freezer (pembeku) ada di bab atas, dan unit pendingin (fridge) ada di bab bawah. Kerugian kulkas top freezer yakni pengguna harus membungkukan tubuh untuk mengambil sesuatu dari unit fridge di bab bawah. Padahal mungkin sebagian besar makanan akan disimpan di unit fridge, dan bukan di unit freezer.

Bagi orang yang sudah berumur, mungkin akan sulit untuk mengambil makanan dari dasar kulkas bab belakang.

Walaupun demikian, kulkas top freezer merupakan model lemari es yang populer, baik untuk di dapur maupun ditaruh di garasi sebagai kulkas ekstra.

#2. Kulkas Freezer bawah (bottom freezer)

Kulkas atau lemari es kini ini sudah menjadi bab penting dari dapur kita Ini Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui
Kulkas freezer bawah merupakan pilihan yang cocok untuk mereka yang mempunyai dapur tradisional. Lemari es bottom freezer ini sama populernya dengan top freezer. Demikian pula harga kulkas freezer bawah tidak beda jauh dengan harga top freezer.

Di Indonesia, baik top freezer maupun bottom freezer sering disebut dengan kulkas 2 pintu. Baca juga : Memilih Kulkas Freezer Atas atau Freezer Bawah

Beberapa kelebihan kulkas bottom freezer :

- Bentuk pintu freezer ada dua opsi : bentuk pintu biasa atau bentuk laci yang sanggup ditarik.
- Lebih gampang jikalau mengambil makanan yang ditaruh di bab bawah.
- Desainnya sederhana.


#3. Kulkas side by side

Kulkas atau lemari es kini ini sudah menjadi bab penting dari dapur kita Ini Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui
Model kulkas side by side semakin hari semakin banyak disukai masyarakat. Itu alasannya yakni model side by side punya banyak kelebihan serta jalan masuk masuk yang sama mudahnya antara unit freezer (pembeku) dan unit fridge (pendingin).

Kulkas side by side ada yang pintunya sempurna dibagi di tengah, sehingga kapasitas pembeku dan pendingin sama. Tapi ada juga model side by side yang memberi ruang lebih banyak pada unit pendingin daripada pembeku. Alasannya alasannya yakni makanan segar sering menyita lebih banyak kawasan dari pada makanan beku.

Kelebihan kulkas side by side lainnya yakni bukaan pintunya tidak menyita banyak ruang, sehingga cocok untuk model dapur sempit tapi memanjang.

Baca : Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Side by Side


#4. Kulkas French door

Kulkas atau lemari es kini ini sudah menjadi bab penting dari dapur kita Ini Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui
Mengapa dinamakan kulkas French door, mengapa bukan model American door ? Wallahu’alam. Jika Anda mencari kulkas dengan banyak fitur dan variasi mewah, maka model French door yakni jawabannya. Bisa dikatakan, lemari es ini merupakan kombinasi antara kenyamanan model bottom freezer dengan fleksibilitas model side by side.

Kulkas model French door merupakan balasan bagi mereka yang mempunyai dapur luas dan perlu kulkas berkapasitas besar.

Kelebihan kulkas French door :

- Punya beberapa laci freezer
- Mudah berpadu (match) dengan model kitchen cabinet.
- Model pintu ganda lebih efisien.

Kelemahan model French door yakni harganya yang mahal sehingga tidak terjangkau oleh kalangan tertentu.

#5. Kulkas mini / portable

Kulkas atau lemari es kini ini sudah menjadi bab penting dari dapur kita Ini Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui
Bila Anda tinggal di sebuah apartemen kecil, atau ingin lemari es yang cocok diletakkan di kantor atau kamar tidur, maka kulkas mini atau kulkas portable yakni jawabannya. Ini yakni lemari es kecil yang bentuknya kompak dan irit ruang.

Baca : Panduan Memilih dan Membeli Kulkas Portable

Biasanya kulkas mini / portable juga sudah dilengkapi dengan unit freezer di dalamnya, tapi itu tergantung model atau merk. Yang terang manfaat dan kegunaannya sama dengan kulkas lain yang ukurannya lebis besar.