Ini 7 Cara Gampang Merawat Dan Membersihkan Karpet

Beruntunglah Anda yang punya karpet di rumah. Sebab karpet sangat mempunyai kegunaan untuk melindungi anggota keluarga dari lantai yang dingin. Misalnya dikala mereka berkumpul di ruang tengah sambil menonton televisi, bermain, mencar ilmu ataupun acara lesehan lainnya.

Selain itu karpet sanggup menambah nilai estetika ruangan. Sehingga ruangan yang tadinya biasa saja sanggup menjadi ruangan yang hangat dan nyaman.

Beruntunglah Anda yang punya karpet di rumah Ini 7 Cara Praktis Merawat Dan Membersihkan Karpet

Sayangnya, bila tidak dirawat dengan baik, maka karpet sanggup menjadi sarang basil dan kuman. Karena itu karpet harus dirawat dan dibersihkan.

Membersihkan dan merawat karpet 

Merawat karpet sejatinya tidak terlalu sulit, hanya saja perlu kehati-hatian dan “perlakuan khusus”. Nah, berikut dibawah ini yakni cara gampang merawat dan membersihkan karpet. Jika punya waktu, Anda sanggup melakukannya sendiri di rumah.

#1. Tempatkan karpet di lokasi yang tepat. Karpet sebaiknya diletakkan ditempat yang jarang dilewati orang, menyerupai ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja. Jangan letakkan karpet pada kawasan dimana anggota keluarga banyak melaksanakan aktifitas. Karpet juga jangan diletakkan di akrab rak sepatu. Alasannya sederhana, alasannya hal itu akan menciptakan karpet cepat kotor dan menjadi sarang kuman.

#2. Sepatu dilarang menginjak karpet. Jangan sekali-kali menginjak karpet dalam keadaan menggunakan sepatu atau sandal. Karena, ganjal sepatu atau sandal cenderung kotor dan kuman gampang melekat di ganjal sepatu atau sandal.  

#3. Memasang keset di tempat-tempat tertentu. Memasang keset di depan pintu masuk akan mencegah dan meminimalisir masuknya kuman ke dalam rumah. Selain itu pasang juga keset di depan pintu kamar mandi dan pintu dapur. Secara tidak eksklusif hal itu berarti akan turut melindungi karpet dari kotoran dan kuman. Jangan lupa, basuh keset hingga higienis secara rutin.

#4. Bersihkan dengan vacuum cleaner. Bersihkan karpet setiap hari dengan menggunakan vacuum cleaner. Lakukan hal ini setiap sore atau malam hari dikala semua aktifitas keluarga telah berakhir. Jangan biarkan abu menumpuk atau terlalu lama. Selain berbahaya untuk kesehatan juga sanggup merusak karpet.

#5. Segera bersihkan noda. Ada dua macam noda, yaitu noda gres dan noda lama. Noda gres pada barpet harus segera dibersihkan. Tapi jangan digosok, alasannya hal itu hanya akan menciptakan noda makin menyebar dan merusak karpet.

Cara menghilangkan noda gres pada karpet yakni dengan menggunakan steamer. Arahkan uap panas dari steamer hanya pada pecahan yang bernoda. Uap tersebut akan melunakkan noda pada karpet sehingga gampang dibersihkan.

Cara terbaik untuk membersihkan noda usang di karpet yakni dengan minta dukungan jasa laundry.

#6. Cuci karpet secara berkala. Karpet yang lembab merupakan kawasan favorite bagi basil dan kuman. Karena itu karpet harus dicuci secara berkala, minimal setahun dua kali. Agar keringnya sempurna, cucilah karpet dikala demam isu panas, jangan di demam isu hujan.

#7. Gunakan formula yang lembut. Supaya karpet tidak rusak, gunakan selalu pembersih alami atau yang formulanya lembut. Pembersih dengan formula keras hanya dipakai untuk noda membandel, itupun sebaiknya diserahkan pada jasa laundry.

Baca juga : Inilah 7 Alat Pembersih Rumah Yang Paling Dibutuhkan

Itulah 7 cara gampang merawat dan membersihkan karpet. Semoga bermanfaat.