Ini 6 Penyebab Kebakaran Rumah Dan Cara Antisipasinya

Kebakaran rumah sering terjadi dengan sangat cepat, dan dampaknya sangat merugikan.

Munculnya api sering tidak sanggup diprediksi, kemudian menyebar dalam hitungan detik, dan sanggup menghancurkan rumah dalam hitungan menit. Kebakaran rumah juga membahayakan semua penghuni rumah. Dan bahkan kebakaran kecil yang segera tertangani sanggup menjadikan kerusakan yang nilainya ratusan juta.

Kebakaran rumah sering terjadi dengan sangat cepat Ini 6 Penyebab Kebakaran Rumah dan Cara Antisipasinya

Jika Anda punya polis asuransi yang sempurna maka itu sangat membantu untuk mengurangi kerugian finansial tanggapan kebakaran rumah. Namun tentu jauh lebih baik kalau Anda sanggup mencegah keadaan yang jadi penyebab kebakaran tersebut.

Penyebab kebakaran sanggup bersifat listrik, kimiawi dll, kalau dilihat dari bagaimana api mulai menyala. Mengidentifikasi risiko kebakaran akan membantu Anda menurunkan terjadinya kebakaran, serta menciptakan keluarga dan properti Anda jadi lebih aman.

Berikut beberapa penyebab kebakaran rumah serta bagaimana cara antisipasinya :

#1. Karena aktivitas masak-memasak

Kegiatan masak-memasak ialah salah satu penyebab kebakaran rumah yang paling umum terjadi. Dalam hal ini minyak sangat gampang terbakar sesudah menjadi panas, dan sulit memadamkan api begitu sudah menyala.

Untuk mengantisipasinya, jangan pernah meninggalkan dapur dikala memasak sesuatu dengan minyak. Banyak kebakaran dapur dimulai alasannya ialah pemilik rumah meninggalkan kuliner tanpa pengawasan. Dan pada dikala api diketahui, biasanya sudah terlambat.

Jangan pula meninggalkan kompor yang menyala tanpa pengawasan, dan bersihkan peralatan masak Anda untuk mencegah biar tidak ada endapan minyak yang menempel.

#2. Karena sumber panas

Pemanas (heater) di rumah sanggup mengakibatkan kebakaran dikala kain dan materi bakar lainnya tertinggal terlalu akrab dengan mereka. Selalu ikuti petunjuk pada perangkat heater yang Anda gunakan. Periksa sebelum dipakai untuk memastikan kondisinya baik.

Pemanas listrik juga mengakibatkan kebakaran, terutama kalau kabel listrik di pemanas rusak. Jangan pernah meninggalkan rumah dengan pemanas yang sedang ON.

#3. Merokok

Merokok selain berbahaya bagi kesehatan, juga berpotensi jadi penyebab kebakaran di rumah. Merokok di kawasan tidur sangat berbahaya, dan harus selalu dihindari. Dengan sedikit percikan bubuk panas yang menyasar sanggup mengkremasi kasur, selimut, karpet atau pakaian.

Jika tak sanggup ditinggalkan, maka lakukan diluar rumah, atau merokok di atas kolam basuh piring atau gunakan asbak untuk membantu mengurangi risiko kebakaran.

#4. Nyala lilin

Menyalakan lilin sanggup berbahaya bila dibiarkan tanpa dijaga. Jika lilin itu jatuh, atau ada sesuatu yang terlalu akrab dengan nyala api, maka api sanggup menyambar seketika. Pemantik dan korek api yang dipakai untuk menyalakan lilin sama-sama berbahaya kalau dibiarkan di kawasan di mana belum dewasa sanggup mencapainya.

Simpan korek api dan pemantik api di kawasan yang kondusif kalau Anda mempunyai anak, dan jangan biarkan lilin menyala di ruangan yang kosong tak ada orang.

#5. Listrik

Kebakaran listrik sanggup diakibatkan oleh pemasangan kabel atau stop kontak yang salah. Jika Anda menyambungkan perangkat dengan kabel yang salah ke stopkontak, mungkin akan muncul percikan dan mengakibatkan kebakaran. Jangan sekali-kali memasang daya ke sirkuit lebih daripada yang seharusnya.

Sudahkah kabel rumah Anda diperiksa oleh teknisi listrik profesional, apalagi kalau Anda tinggal di rumah tua?

#6. Bahan kimia

Kebakaran kimia juga sangat umum terjadi. Jika oli motor, materi kimia pembersih atau cairan gampang terbakar terlalu panas, kemudian menyala atau meledak. Uap panas yang bercampur minyak juga gampang terbakar daripada materi kimia itu sendiri.

Baca juga : 6 Alat Rumah Tangga Penyebab Tagihan Listrik Mahal

Antisipasinya : Simpan semua materi kimia ke dalam wadahnya yang tepat, dan simpan di lokasi yang tidak terlalu panas. Buang kain pembersih yang tidak terpakai, atau bersihkan dengan benar untuk menghilangkan materi kimia yang gampang terbakar.