Ini 6 Cara Merawat Dan Membersihkan Karpet Bulu

Karpet bulu punya kelebihan dari karpet berbahan biasa. Karpet bulu lebih empuk dan lembut, sehingga lebih nyaman kalau dijadikan sebagai ganjal duduk. Selain lembut dan nyaman, penggunaan karpet bulu pada rumah minimalis akan menciptakan tampilan rumah jadi lebih glamor dan elegan.

Karpet bulu punya kelebihan dari karpet berbahan biasa Ini 6 Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Bulu

Biasanya karpet bulu diletakan di depan teve, sebagai daerah untuk menonton teve sambil rebahan.

Tapi ada juga kelemahan karpet bulu dari karpet biasa, ialah perawatannya yang lebih sulit. Cara membersihkan karpet bulu harus lebih hati-hati. Nah, supaya karpet ini tidak gampang lembab dan berjamur, berikut ini caranya.

Cara membersihkan karpet bulu

#1. Jemur karpet

Yang paling gampang jemur karpet. Karpet bulu perlu dijemur minimal seminggu satu kali. Gunanya ialah untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Menjemur karpet juga sanggup mencegah karpet dari bacin tak sedap dan lembab.

#2. Bersihkan dengan sikat lembut

Untuk perawatan sehari-hari, bawa karpet bulu ke luar rumah dan kibas-kibaskan untuk menghilangkan debu yang menempel. Bisa juga dengan memakai sikat lembut untuk membasuh karpet bulu sampai seluruh kotoran jatuh.

#3. Dengan vacuum cleaner

Menghilangkan debu dengan vacuum harus dilakukan di dua sisi. Caranya : untuk sisi atas atau kepingan yang berbulu, sebaiknya lapisi dengan kain biar sedotan vacuum cleaner tidak merusak bulunya.

Kemudian sedotlah debu di kepingan bawah karpet tanpa melapisinya dengan kain.

Baca juga : Tips Memilih Vacuum Cleaner Yang Bagus Dan Terbaik

#4. Dengan cuka dan baking soda

Untuk menghilangkan noda yang melekat di karpet bulu, coba gunakan cuka yang dicampur baking soda dan air kemudian bersihkan secara perlahan.

Masalahnya, karpet bulu cenderung sensitif, dan kalau jenis detergennya cukup keras akhirnya akan merontokkan bulu-bulu pada karpet. Lebih kondusif kalau Anda mencucinya memakai detergen untuk pakaian bayi.

Atau kalau Anda tak punya tenaga dan waktu untuk mencucinya, serahkan pada jasa pembersihan karpet.

#5. Dengan bedak bayi dan baking soda

Jika ada aroma tak sedap pada karpet, taburi karpet dengan bedak bayi atau boleh juga memakai baking soda.

Biarkan selama 12 jam biar aromanya terserap oleh bedak atau baking soda ini. Setelah itu bersihkan sisa bedak dengan sikat lembut atau gunakan vacuum cleaner.

#6. Jangan pakai sapu

Karpet bulu jangan disapu. Karena kepingan ijuk yang bergairah akan merusak karpet dan menciptakan bulu-bulunya lepas. Jika ada kotoran yang melekat di karpet, sanggup dibersihkan dengan kain atau sikat lembut.

Walaupun membersihkan karpet bulu cukup mudah, namun itu semua perlu dilakukan dengan hati-hati dan jangan kasar.