Fungsi dan Kegunaan Hashtag di Facebook

Share this article on :
Fungsi dan Kegunaan Hashtag di Facebook

Halo sobat Hack-77? gimana kabarnya nih? semoga sehat selalu yah. Sepertinya lebih satu bulan saya tidak mengurus blog ini. Karena kesibukan admin sebagai seorang pelajar yang tidak lain adalah belajar (adminnya sok rajin :v). apalagi kemaren admin akan menghadapi ujian tengah semester. Maka tidak ada waktu untuk ngeblog. Dan alhamdulillah, sekarang ujiannya sudah selesai dan beban pikiran admin sudah lumayan bekurang :v. Dan sekarang saatnya happy blogging :D

Sobat Hack-77 sudah pada tau kan fitur facebook yg satu ini, yaitu hashtag. Salah satu fitur facebook yang sudah banyak orang mengenalnya dan memanfaatkannya. Sobat pasti berfikir apa sih kegunaan hashtag itu?. Hashtag sejatinya adalah ciri khas dari twitter. fungsi hashtag pada facebook dan juga twitter adalah untuk memudahkan penggunanya mengikuti dan melihat topik tertentu yang diinginkannya. Ketika sebuah hashtag disertakan pada sebuah kata dalam sebuah postingan, maka dengan mengklik kata yang diberi hashtag tersebut  akan muncul newsfeed dari postingan penggguna lain yang menggunakan hashtag yang sama.

Jadi apa sebenarnya fungsi dan kegunaan hashtag itu ? apa buat gaya-gayaan doang? tentu nggak dong. nah berikut 5 kegunaan hashtag agar fitur baru facebook ini dapat anda maksimalkan sebaik mungkin. sayang kan udah di kasih fitur tapi anda nggak bisa memanfaatkannya dengan baik.

1. Melakukan pengelompokan konten

Fungsi hashtag pada facebook bukan hanya untuk mencari konten yang anda inginkan, tapi juga bisa anda gunakan untuk mengelompokan konten. anda bisa menambahkan hashtag pada post, image, event yang anda buat dlsb. jika anda membuat event pada facebook jangan lupa sertakan hashtag pada event tersebut dan nanti semua update tentang event yang anda buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik. sehingga anda dan orang-orang yang mengikuti event yang anda buat dapat mengetahui perkembangan sebuah event.

Bagi orang-orang yang tidak mengikuti event tersebut namun tertarik mengikuti perkembangannya mereka bisa mengetikan hashtag tentang event tersebut untuk mengetahui update terbaru tentang event tersebut.

2. Melakukan pencarian konten yang di inginkan

fungsi hashtag pada facebook selanjutnya adalah untuk mencari konten yang diinginkan. Dengan Hashtag anda bisa melakukan pencarian konten yang diinginkan, tentu saja konten yang akan anda dapatkan adalah konten yang di share oleh sesama pengguna facebook. misalnya saja anda ingin mencari konten yang berhubungan dengan hacking, maka anda tinggal mengetikan #hacking pada search bar facebook dan semua konten yang berhubungan dengan hacking akan muncul di hadapan anda.

3. Mengombinasikan Hashtag dan Mention untuk konten yang lebih seru dan bermanfaat.

fungsi hashtag selanjutnya, Anda bisa mengombinasikan antara fitur hashtag dan mention untuk membuat konten atau update status yang lebih kaya dan bermanfaat. anda bisa melakukan mention ke profile atau sebuah page dengan mengetikan @ didepan nama profile atau page orang yang akan anda mention. dengan demikian obrolan anda akan jadi lebih seru dan bermanfaat.

misalnya saja rekan anda si Jones (bukan nama sebenarnya – red) ingin mencari informasi tentang sebuah event, event tersebut mempunyai hashtag #foreveralone (misalnya saja nih). Nah anda bisa memention temen anda si jones tersebut.

4. Posting lintas platform antara twitter dan facebook

fungsi hashtag berikutnya adalah untuk melakukan posting lintas platform. Facebook dan twitter walaupun bersaing, sebenernya keduanya berjalan seiringan. anda dapat melakukan posting di facebook melalui twitter itulah mengapa seringkali anda mendapati temen anda posting menggunakan hashtag sebelum hashtag benar-benar di support oleh facebook. banyaknya posting lintas platform ini mungkin yang membuat facebook akhirnya benar-benar mensupport fitur hashtag.

5. Branding dan Promosi

Dengan hashtag anda bisa melakukan branding dan promosi pada facebook seperti yang telah booming pada Twitter. mungkin bagi anda dedengkot twitter pasti udah sering menjumpai sejumlah perusahaan yang menggunakan hashtag pada twitter untuk melakukan promosi dan ledakan bisnis disosial media. misalnya saja sebuah perusahaan kopi sebut saja Pot Kopi mengadakan event dan promosi dengan memboomingkan hashtag #bongkar (ini misalnya aja).



Itulah Fungsi dan Kegunaan Hashtag di Facebook. Dengan mengetahui kegunaan fitur tersebut admin harap sobat dapat menggunakan hashtag dengan sebaik baik mungkin. Jangan lupa add fb admin Nanda Sullivan Selamat behashtag! :v

Related Post

Ditulis Oleh : nanda zulvi rahman

Nanda Zulvi Rahman Artikel Fungsi dan Kegunaan Hashtag di Facebook ini ditulis oleh nanda zulvi rahman pada hari Thursday, December 12, 2013 pukul 8:06 PM. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Fungsi dan Kegunaan Hashtag di Facebook dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Sobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

0 comments on Fungsi dan Kegunaan Hashtag di Facebook :

Jangan malu untuk meninggalkan komentar, kritik dan saran anda. berkomentarlah dengan baik, sopan, sesuai dgn isi postingan dan dengan bahasa Indonesia yang benar. No link aktif. no spam!

 

FOLLOW ADMIN ON INSTAGRAM


Recent Comment

:: Get this Widget here! ::

Friends Link

YOU'RE NEXT HERE!
Mau link anda dipasang disini juga? lihat persyaratan tukar link disini

SITE INFO


JOIN US ON FACEBOOK AND GET UPDATE! close

Get this widgethere